Ada beberapa makanan yang sering sekali kita makan, namun pada hakikatnya membahayakan tubuh kita.

Nasi makanan sehari-hari
Nasi


Kita sebagai manusia memiliki komposisi makanan yang relatif  rumit serta bervariasi dibandingkan makhluk hidup lainnya di planet ini, akibatnya sistem pencernaan manusia menjadi terbiasa mencerna berbagai macam jenis makanan yang mungkin seharusnya tidak baik bagi tubuh. Kita biasanya memakan berbagai macam makanan yang berbau sedap dan lezat tanpa mempedulikan apakah makanan tersebut berbahaya atau tidak, bahkan tanpa kita sadari makanan tersebut mengandung racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Inilah ada beberapa makanan yang ternyata berbahaya bagi tubuh manusia!


Nasi

Nasi memang memiliki banyak manfaat, terutama nasi merah, namun nasi sebaiknya tidaklah dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dikarenakan mengandung arsenic dalam jumlah yang relatif tinggi serta sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Semangkuk nasi tidaklah berbahaya, akan tetapi jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah besar maka akan menjadi berbahaya, karena kandungan zat arsenic yang tinggi sering dikaitkan dengan alasan pemicu penyakit kanker.


Kacang-kacangan

Ada beberapa jenis kacang seperti almond dan juga kacang mede merupakan makanan yang sehat. Akan tetapi sebelum kacang-kacang tersebut dikonsumsikan, kacang itu harus diproses dan dipanaskan. Hal ini sangatlah penting, dikarenakan kacang-kacangan yang mentah dipastikan mengandung sianida.


Ikan Fugu

Ikan fugu dikenal sebagai bahan makanan yang cukup lezat, akan tetapi hati, usus, dan juga kulitnya sangat berbahaya jika dimakan dikarenakan mengandung racun yang bernama tetrodotoxin. Memakan daging ikan fugu saja tak memiliki efek samping, namun memakan bagian lain dari ikan ini bisa menyebabkan kelumpuhan, bahkan sampai kematian.


Cabai

Kebanyakan orang menyukai rasa pedas pada makanan mereka, sehingga mereka tidak bisa makan jika tak ada cabai. Namun tahukan Anda bahwa capsaicin (zat yang membuat cabai terasa pedas) merupakan racun? Capsaicin bisa mengakibatkan rasa terbakar, inflamasi, iritasi kulit dan sakit perut, bahkan bisa menyebabkan kematian walaupun hal ini jarang terjadi.


Jamur

Jamur sering dikaitkan sebagai makanan super sebab memiliki nutrisi yang besar. Akan tetapi ada beberapa jamur yang mengandung racun serta bisa mengakibatkan kematian. Kalau Anda hendak memetik sebuah jamur liar untuk memakannya, Anda harus memastikan dahulu bahwa jamur tersebut aman untuk dikonsumsi ataukah tidak.


Kentang

Kentang juga sering digunakan sebagai pengganti nasi. Kentang memang baik untuk tubuh kita. Akan tetapi, bila kita biarkan kentang terlalu lama atau sudah mulai bertunas, sebaiknya tidak lagi mengkonsumsi kentang itu. Kentang yang sudah mulai bertunas itu mengandung glycoalkaloid yang beracun. Bukan hanya itu, daun dan akar dari kentang juga beracun bagi tubuh kita.


Biji

Bayak buah-buahan seperti apel, cheri, dan buah persik baik untuk dikonsumsi, akan tetapi biji-bijian dari buah tersebut mengandung sianida dan kalau memakannya dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan keracunan.


Minyak

Tidak semua jenis minyak, khususnya minyak jarak yang telah diolah tidaklah berbahaya, namun tetap saja minyak jarak mengandung ricin yang cukup berbahaya dan beracun. Kalau kita tidak berhati-hati, mengkonsumsi minyak jarak bisa membawa kematian.


Roti

Roti mengandung zat yang bernama  potassium bromat yang cukup berbahaya dikarenakan merupakan zat karsinogen. Kalau bromat berubah menjadi bromida, hal ini tidaklah berbahaya. Akan tetapi kalau tidak mengalami senyawa atau tetap sebagai bromat, hal ini tidaklah baik serta berbahaya dikarenakan dapat memicu terjadinya tumor.


UHT/ Susu Pasteurisasi

Semua susu tidak beracun, namun casein, protein yang terkandung dalam susu yang telah diolah dengan suhu yang cukup tinggi bisa berubah bentuk, serta tidak dapat dicerna oleh tubuh. Protein susu yang telah berubah bentuk sehingga terbentuknya lendir di paru-paru dan usus mengakibatkan sulit dicerna tubuh dan terjadi alergi, asma dan gangguan kulit serta penyakit lainnya.


Absinthe

Absinthe adalah Alkohol. Alkohol jenis ini tidak hanya menyebabkan halusinasi, bahkan juga mengandung Wormwood yang beracun kalau kita mencampurnya dengan tidak benar atau meminumnya dalam jumlah banyak. Di banyak tempat telah melarang penjualan minuman jenis ini, biasanya dikarenakan oleh efek halusinasi yang ditimbulkannya.


2 komentar:

  1. Terimakasih informasinya. Mengenai cabai masih kontroversi anda mengatakan bhwa cabai sgt berbahaya tp ada juga yang mengatakan cabai bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

    BalasHapus

 
Top
close